Nama  : Lina Candra Murti

Kelas   : A2 ‘09

Prodi   : PGSD

Makul : IPS1

Mengapa dan kapan bulu manusia menghilang?

Perubahan evolusi yang paling khas sebagai manusia berpisah dari kera sesama mereka adalah kehilangan bulu. Tapi mengapa dan kapan bulu manusia menghilang?

Dr. Alan R. Rogers, seorang ahli genetika evolusi di University of Utah, sudah mengetahui bahwa ketika manusia kehilangan rambut atau bulu mereka oleh metode tidak langsung dan tergantung pada gen yang menentukan warna kulit. Dr Mark Planack Institute of Evolusi Anthropology di Leipzing, Jerman, dia percaya bahwa bulu manusia hilang ketika manusia pertama kali memakai pakaian, metodenya juga tidak langsung: melibatkan dating evolusi.

Sementara kelompok ketiga peneliti, telah datang dengan penjelasan baru tentang manusia kehilangan bulu mereka di tempat pertama. Mamalia perlu rambut tubuh agar tetap hangat, dan kehilangan adalah hanya alasan evolusi khusus. Paus menumpahkan rambut mereka untuk meningkatkan kecepatan dalam medium baru mereka. Gajah dan badak memiliki kulit tebal khusus untuk menurunkan panas pada malam dingin. Tapi mengapa manusia, satu-satunya primata berbulu, kehilangan rambut tubuh mereka?

Suatu teori menyatakan bahwa hilangnya rambut tubuh membantu nenek moyang kita tetap tenang ketika mereka pertama kali berkelana di luar naungan hutan dan savana Afrika yang panas. Tapi hilangnya rambut bukan karena tidak dicampur dalam mengatur suhu tubuh, karena kulit menyerap energi yang banyak pada panasnya hari dan kehilangan banyak pada dingin malam.

Dr. Mark Pagel adri University of Reading di Inggris dan Dr Walter dari John Radciffe di Oxford telah mengusulkan sebuah solusi yang berbeda untuk misteri ide mereka. Manusia kehilangan bulu mereka, karena untuk membebaskan diri dari parasit eksternal bulu merundung atau kutu yang mengisap darah dan menyebarkan penyakit.

Dr Pagel dan Dr. Bodmer juga menyarankan, kemudian tunduk pada seleksi seksual, pengembangan fitur dalam satu jenis kelamin yang menarik bagi yang lain. Di sini juga terdapat satu penelitian bahwa para wanita sering melakukan untuk menjaga tubuh merekaa bebas dari rambut, mungkin tidak ada pernyataan fashion belaka tetapi gema terbaru naluri kuno. Dr. Pagel juga mengatakan bahwa dia melihat pakaian wanita baru-baru ini, bahwa iklan pakaian wanita sering dimasukkan sebuah model menunjukkan hamparan besar untuk telanjang kembali.

Dr. David L. Reed, seorang ahli kutu di University of Utah, mengatakan gagasan bahwa manusia mungkin telah kehilangan rambut tubuh mereka sebagai pertahanan terhadap parasit yang dimana kutunya menyebar dalam tubuh yang menyebabkan tifus, demam dan telah membunuh jutaan orang dalam waktu perang.

Penyebab samping, kapan manusia pertama kehilangan rambut tubuh mereka? Dr. Rogers, dari University of Utah, setelah membaca artikel tentang gen yang membantu menentukan warna kulit. Gen, disebut MC1R, menentukan protein yang berfungsi sebagai pemisah antara dua jenis pigmen yang dibuat oleh sel manusia. Eumelanin, adalah sebagai pelindung, adalah warna merah_kuning.

Dr Rosalind Harding membuat studi diseluruh dunia dari gen MC1R oleh penggalian smpel darah dan menganalisis urutan dalam satuan DNA dalam gen. Mereka menemukan bahwa protein berubah dalam populasi Afrika, namun diluar Afrika gen, dan proteinnya, cenderung bervariasi banyak.

Dr Rogers menduga, orang kulit gelap sangat diperlukan sebagai perlindungan terhadap sinar matahari. Siapapun yang memiliki versi gen MC1R yang menghasilkan kulit yang lebih gelap akan memiliki manfaat kelangsungan hidup, dan dalam beberapa generasi versi gen akan menyapu bersih melalui penduduk

Dalam jumlah mutasi diam dalam versi Afrika dan gen MC1R, Dr. Rogers dan dua rekannya, Dr. David Iltis dan Dr. Stephen Wooding, menghitung bahwa hilangnya terakhir mungkin terjadi 1,2 juta tahun yang lalu, ketika populasi manusia terdiri   dari hanya 14.000 pemuliaan individu. Dengan kata lain, manusia telah gundul setidaknya saat ini, dan mungkin untuk lebih lama lagi. Artikel mereka muncul dalam isu masa depan Antropologi kini.

Dapat terlihat bahwa analisis genetik dapat mencapai kembali dan tanggal acara yang mendalam dalm sejarah manusia, ada pendekatan yang kedua untuk deteremining ketika orang kehilangan rambut tubuh mereka, atau setidaknya mulai memakai baju. Ini ada hubungannya dengan kutu. Manusia memiliki perbedaan menjadi tuan rumah untuk tiga jenis yang berbeda: kutru kepala, kutu tubuh, dan kutu kemaluan. Para kutu badan tidak seperti semua jenis mamalia lain yang menginfeksi, menempel pada pakaian, bukan rambut. Ini mungkin berevolusi dari kutu kepala setelah manusia kehilangan rambut mereka dan mulai memakai baju.

Dr. Stoneking bersama-sama dengan Ralf dan Manfred dalam edisi biologi hari ini, bahwa mereka membandingkan DNA dan kutu dalam kepala manusia dari seluruh dunia, serta kutu simpanse sebagai titik perbandingan evolusi. Dari studi perbedaan DNA, mereka menemukan bahwa kutu tubuh manusia memang berevolusi dari kutu tersebut, seperti yang diharapkan, tapi bahwa peristiwa ini terjadi baru-baru ini, kadang-kadang antara 42.000 dan 72.000 tahun yang lalu. Manusia harus sudah mengenakan pakaian setidaknya sejak saat ini. Manusia modern meninggalkan Afrika Serikat sekitar 50.000 tahun yang lalu. Dr. Stoneking dan rekan-rekannya mengatakan penemuan pakaian mungkin telah menjadi faktor keberhasilan suatu penyebaran manusia di dunia. Terutama di pendingin iklim di utara.

Dr. Stoneking mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa pakaian juga bisa menjadi bagian dari perilaku canggih, seperti alat-alat canggih, perdagangan dan seni yang muncul dalam catatan arkeologi sekitar 5000 tahun yang lalu, tepat sebelum manusia berimigrasi dari Afrika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: